Selasa, 01 September 2009

e-Learning System Development

Arip Nurahman

(Guru dan Dosen Profesional)

E-LEARNING SYSTEM DEVELOPMENT

Mata kuliah ini membahas eLearning khususnya teknik pengembangan sistem, yang merupakan salah satu dari komponen eLearning selain konten dan infrastruktur. Pembahasan disertai praktek membangun eLearning System atau sering disebut dengan Learning Management System (LMS) berbasis software open source (Moodle). Mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah ini diharapkan dapat memahami apa itu eLearning dan mampu mengembangkan sendiri sistem eLearning untuk sekolah, universitas atau perusahaan.

Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini harus mengerjakan Tugas Mandiri dan menyelesaikan Ujian Akhir.


1. PENGANTAR E-LEARNING

Bagian ini menjelaskan apa itu eLearning, dimulai dari definisi, persepsi, jenis, dan keuntungan menggunakannya. Komponen utama eLearning terdiri dari tiga: Sistem, Konten dan Infrastruktur. Sistem berhubungan dengan perangkat lunak yang mem-virtualisasi proses belajar mengajar konvensional atau sering disebut dengan Learning Management System (LMS). Konten adalah bahan ajar yang diupload di LMS, bentuknya bisa berupa text-based content atau multimedia-based content. Multimedia-based content relatif lebih kompleks dan memerlukan waktu dan cost yang besar untuk mengembangkannya.

Studi kasus implementasi eLearning di negara lain, khususnya Amerika dan Singapore akan disajikan. Materi diperdalam dengan analisa masalah dan kegagalan yang terjadi pada implementasi eLearning. Strategi untuk memecahkan masalah juga disampaikan dengan studi kasus beberapa eLearning project yang digarap oleh penulis.


2. PENGANTAR LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)

Pada bagian ini akan dijelaskan tentang Learning Management System (LMS), pengertian, jenis dan LMS open source yang bisa digunakan secara bebas. Diskusi dipertajam dengan strategi memilih LMS open source yang baik untuk sekolah, universitas atau perusahaan kita. Studi kasus dari implementasi LMS di berbagai universitas di Indonesia juga disajikan.


3. MEMBANGUN ELEARNING SYSTEM DENGAN MOODLE

Moodle adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle merupakan salah satu Learning Management System (LMS) yang berlisensi opensource. Moodle termasuk LMS dengan fitur yang paling lengkap dan mendukung secara penuh seluruh aktifitas di kelas, baik untuk level sekolah menengah atau universitas. Dalam penelitiannya Sabine Graf merekomendasikan Moodle karena tingkat adaptability-nya yang sangat baik, dan tidak terlalu banyak memerlukan akses ke code pada saat kita menggunakannya. Moodle saat ini digunakan di lebih dari 27000 situs elearning di seluruh dunia.


4. TUGAS MANDIRI

Kerjakan tugas mandiri di bawah. Submit (upload) hasilnya dalam bentuk file laporan, lengkap dengan lampiran screenshoot.




1 komentar:

  1. Mohon doanya sahabat-sahabat semua semoga saya dapat menjalankan harapan ini amin ^_^

    BalasHapus