Selasa, 01 September 2009

Metodologi Penelitian

Oleh: Arip Nurahman

(Guru dan Dosen Profesional)

METODOLOGI PENELITIAN

Mata kuliah yang membahas tentang metodologi penelitian, khususnya untuk bidang computing. Fokus bahasan adalah tentang pengantar penelitian, identifikasi masalah, penentuan topik penelitian, landasan teori, kerangka konsep, hipotesis, dan metodologi penelitian. Mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah ini diharapkan dapat melakukan penelitian tugas akhir dengan baik dan berkualitas.

(Sumber: Bpk. Romi Satria Wahono, B.Eng., M.Eng., D.Eng.)


1. PENGANTAR PENELITIAN

Membahas tentang hakekat penelitian, tujuan penelitian, jenis penelitian dan ragam tugas akhir penelitian.


2. TAHAPAN PENELITIAN DAN PENENTUAN TEMA

Membahas tentang tahapan yang harus dilakukan dalam penelitian, termasuk didalamnya konversi tahapan penelitian ini dengan struktur laporan tugas akhir. Diskusi membahas beberapa kesalahan pandang tentang tema penelitian, intinya apa yang yang bisa menjadi tema penelitian dan apa yang tidak.


3. MASALAH PENELITIAN

Membahas tentang pengertian masalah penelitian, bagaimana mengidentifikasi masalah penelitian dan mempelajari darimana masalah penelitian bisa muncul. Beberapa contoh masalah penelitian khas untuk mahasiswa juga disajikan.


4. LANDASAN TEORI DAN REFERENSI PENELITIAN

Membahas tentang mengapa harus ada landasan teori, sumber referensi untuk penelitian, teknik pengambilan dan penulisan sumber catatan penelitian.


5. KERANGKA KONSEP DAN HIPOTESIS

Membahas tentang bagaimana membangun kerangka konsep dan menyusun hipotesis.


6. ANALISIS DATA DAN PENARIKAN KESIMPULAN

Membahas teknik pengumpulan, pengolahan dan analisis data dalam penelitian. Kemudian dibahas juga bagaimana kita bisa menarik kesimpulan dari hasil analisis data.


7. STUDI KASUS DAN TUGAS MANDIRI

Untuk mempertajam pemahaman terhadap materi metodologi penelitian, baca dan pahami contoh penelitian sederhana di bawah. Kemudian dengan memperhatikan beberapa contoh, kerjakan tugas mandiri membuat penelitian sederhana.


8. CERTIFICATE OF ACHIEVEMENT

Bagi yang sudah menyelesaikan pembelajaran dan berhasil mendapatkan nilai (grade) minimal C, silakan request Certificate of Achievement melalui fitur di bawah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar