Selasa, 01 September 2009

Game Design and Development

Oleh:

Arip Nurahman

(Guru dan Dosen Profesional)

GAME DESIGN AND DEVELOPMENT

Mata kuliah yang membahas berbagai aspek perancangan dan pengembangan software game. Merupakan seri mata kuliah yang berhubungan dengan game technology, khususnya memiliki keterkaitan dengan mata kuliah game programming.

(Sumber: Bpk. Romi Satria Wahono, B.Eng., M.Eng., D.Eng.)


1. GAME INTRODUCTION

Membahas tentang pengertian game, karakteristik dan mengapa orang tertarik untuk bermain game.


2. GAME HISTORY

Membahas tentang sejarah permainan (game) dari era sebelum prasejarah, sampai permainan (game) dengan komputer yang dimulai sejak era 1950-an.


3. GAME PLATFORMS

Membahas tentang berbagai platform game yang ada di dunia ini, termasuk untuk jenis Arcade (Sega, Namco, Video Game), Personal Computer, Hand-held (Game Boy, PSP), Console (PlayStation, Nintendo, Xbox), Mobile Device (Cell phone).


4. GAME INDUSTRY

Membahas berbagai aspek dalam industri game di dunia. Berbagai data dan statistik disajikan berhubungan dengan penjualan game di dunia, baik di platform PC maupun console.


5. GAME STUDY AND RESEARCH

Membahas tentang arah penelitian dan studi tentang game di dunia. Pertentangan dan persamaan tentang dunia game dan dunia akademisi. Juga arah penelitian bidang Game yang menuju ke wilayah Ludology vs Narratology.


6. GAME DESIGN

Membahas tentang bagaimana membangkitkan ide membuat game, prinsip-prinsip desain game dan teknik menyusun game proposal. Genre game secara lengkap dikupas karena harus dipahami dengan baik pada saat menyusun desain game.


7. GAME DEVELOPMENT TEAM

Membahas tentang sumber daya manusia (SDM) dengan kemampuan seperti apa yang dibutuhkan dalam pengembangan game. Tim pengembang game ini harus bisa bekerjasama untuk membangun sebuah game yang sesuai dengan konsep dan desain yang sudah ditentukan di awal.


8. GAME DEVELOPERS' PROFILE

Membahas secara lengkap tentang profile pengembang-pengembang game yang ada di dunia beserta dengan hasil karyanya.


9. TUGAS MANDIRI

Untuk mempertajam pemahaman terhadap materi game design and development, kerjakan tugas mandiri membuat proposal pengembangan game. Proposal bisa menggunakan format game design seperti yang ada di materi, atau bisa juga dengan menggunakan format proposal penelitian biasa.

Tugas Membuat Proposal Game (Game Design)

10. CERTIFICATE OF ACHIEVEMENT

Bagi yang sudah menyelesaikan pembelajaran dan berhasil mendapatkan nilai (grade) minimal C, silakan request Certificate of Achievement melalui fitur di bawah.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar