Selasa, 01 September 2009

Pendidikan Web Programming

Arip Nurahman

Pendidikan Fisika, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia

&

Follower Open Course Ware at MIT-Harvard University, U.S.A.



WEB PROGRAMMING

Mata kuliah yang membahas pemrograman berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP. Materi disajikan dengan metode perimbangan teori-praktek, dengan harapan bahwa mahasiswa disamping memahami konsep pemrograman berbasis web, juga memiliki skill pemrograman php di level dasar-intermediate. Untuk itu mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan membawa laptop di kelas. Materi akan diperkaya dengan berbagai studi kasus dan penugasan membuat program PHP dengan database yang terintegrasi.

Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini harus menyelesaikan seluruh tugas dan ujian, karena nilai akhir adalah nilai total dari berbagai tugas dan ujian. Jangan lupa untuk mengupdate data pribadi, khususnya di bagian nama lengkap, nama universitas dan nomor induk mahasiswa, untuk menghindari kesalahan dalam memberikan nilai.

(Sumber dari: Bpk. Romi Satria Wahono, B.Eng., M.Eng., D.Eng.)

1. WEB AND PHP CONCEPTS

Pada bagian ini akan dibahas tentang konsep pemrograman berbasis web, perkenalan tentang pemrograman PHP dan proses instalasi PHP, MySQL dan Apache web server.

2. PHP FUNDAMENTALS

Bagian ini akan membahas tentang bagaimana kita bisa memprogram dengan menggunakan bahasa PHP. Pembahasan meliputi tipe data, variable, operator, pernyataan kontrol, array dan fungsi.


3. PHP FUNCTION LIBRARIES

Bagian ini membahas tentang berbagai fungsi yang sudah built-in sebagai library standard dalam PHP.


4. PHP AND DATABASE INTEGRATION

Bagian ini membahas tentang integrasi PHP dengan database, khususnya MySQL. Teknik koneksi ke database dan menggunakan command SQL di PHP dibahas dengan tuntas.

5. TUGAS MANDIRI

Kerjakan tugas berupa project pengembangan aplikasi dengan bahasa pemrograman PHP. Sajikan laporan tentang aplikasi apa yang dibuat, beserta requirement analysis, desain, code dan screenshoot program. Satukan seluruh source code dan pisahkan dengan laporan lengkapnya.


6. CERTIFICATE OF ACHIEVEMENT

Bagi yang sudah menyelesaikan pembelajaran dan berhasil mendapatkan nilai (grade) minimal C, silakan request Certificate of Achievement melalui fitur di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar