Kamis, 18 Februari 2010

Mahasiswa Nanoteknologi Indonesia


Sejarah Singkat

Dilatar belakangi oleh kebutuhan Mahasiswa akan perkembangan seputar informasi teknologi baru, dalam kaitannya "Nano Technology" maka kami berusaha dan bekerja keras sesuai dengan bidang dan minat kami dalam penelitian pendahuluan Teknologi Nano.

Dibentklah Forum Sederhana namun memiliki harapan dan visi yang jauh kedepan yaitu:


"Mewujudkan Mahasiswa Indoensia yang Melek akan Teknologi Nano, Berkontribusi dan menjadi Agen Peneliti Handal serta Profesional dalam bidang Nano Teknologi"


Motto:

Nano Teknologi Indonesia untuk Dunia

Team Leader:

Angga Fuja W.



Visi

Menjadikan Mahasiswa Indonesia berkemampuan iptek yang berdaya saing secara global melalui jejaring nanoteknologi.

Misi


* Melakukan pelatihan, seminar, kerjasama di tingkat nasional maupun internasional, dan kegiatan lain yang mendukung pengembangan nanosains dan nanoteknologi di Indonesia.

* Mengoordinasi dan mengkomunikasi penelitian lintas institusi keilmuan dalam bidang nano sehingga terjadi sinergisitas untuk memajukan IPTEK yang berdaya saing melalui jejaring nano (Nano-Network).

* Melakukan studi roadmap untuk penguasaan dan implementasi nanosains dan nanoteknologi, juga untuk isu-isu strategis dalam nanosains dan nanoteknologi, dan memberi masukan/saran kepada pemegang kepentingan terkait (Nano-Strategy).
* Kajian trend penelitian nano di dunia untuk menjaga kesinambungan informasi dalam hal IPTEK nano (Nano-Trend).

* Meningkatkan sosialisasi dan membangun kesadaran akan pentingnya penguasaan nanosains dan nanoteknologi dalam skala yang lebih besar melalui diskusi dan kurikulum sekolah (Nano-Education).





Program-program

1. Membangun jaringan penelitian nano teknologi di indonesia

2. Membangun Pusat Pendidikan Nanoteknologi Indonesia

3. 10 Tahun Kedepan tiap Provinsi mempunyai SMK Nano Teknologi Indonesia

4. 18 Tahun Mendatang Indonesia Mempunyai 800 Orang Peneliti Profesional Bidang Nano Teknologi

5. Memasyarakatkan Teknologi Nano


Sekilas Nano Teknologi

Nanotechnology

From Wikipedia, the free encyclopedia


Part of a series of articles on

Nanotechnology

History
Implications
Applications
Regulation
Organizations
Popular culture
List of topics


Nanomaterials

Fullerene
Carbon Nanotubes
Nanoparticles

Nanomedicine

Nanotoxicology
Nanosensor

Molecular self-assembly

Self-assembled monolayer
Supramolecular assembly
DNA nanotechnology

Nanoelectronics

Molecular electronics
Nanolithography

Scanning probe microscopy

Atomic force microscope
Scanning tunneling microscope

Molecular nanotechnology

Molecular assembler
Nanorobotics
Mechanosynthesis

Nanotechnology Portal
v d e

Nanotechnology, shortened to "nanotech", is the study of the controlling of matter on an atomic and molecular scale. Generally nanotechnology deals with structures sized between 1 to 100 nanometer in at least one dimension, and involves developing materials or devices within that size.

Nanotechnology is very diverse, ranging from extensions of conventional device physics to completely new approaches based upon molecular self-assembly, from developing new materials with dimensions on the nanoscale to investigating whether we can directly control matter on the atomic scale.

There has been much debate on the future implications of nanotechnology. Nanotechnology has the potential to create many new materials and devices with a vast range of applications, such as in medicine, electronics, biomaterials and energy production. On the other hand, nanotechnology raises many of the same issues as with any introduction of new technology, including concerns about the toxicity and environmental impact of nanomaterials,[1] and their potential effects on global economics, as well as speculation about various doomsday scenarios. These concerns have led to a debate among advocacy groups and governments on whether special regulation of nanotechnology is warranted.



Pendahuluan

Nanoteknologi merupakan bidang yang sangat multidisiplin, mulai dari fisika terapan, ilmu material, sains koloid dan antarmuka, fisika alat, kimia supramolekul (yang merujuk bidang kimia yang memusatkan perhatian pada interaksi ikatan nonkovalen antarmolekul), mesin pengganda-diri dan robotika, teknik kimia, teknik mesin, rekayasa biologi, dan teknik elektro.


Lihat pula


Individu yang berhubungan


Topik


Pranala luar

Artikel

Jurnal dan Berita

Laboratorium

Lainnya

Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar