Rabu, 24 Agustus 2011

LAPORAN MENTERI NEGARA RISET DAN TEKNOLOGI pada acara PEMBUKAAN HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL KE-16

Jakarta, 10 Agustus 2011

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Yang terhormat Presiden RI, Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono
Yang terhormat Ibu Negara Hj. Any Bambang Yudhoyono
Yang terhormat Presiden RI ketiga, Bapak Prof.Dr.Baharudin Jusuf Habibie
Yang terhormat Pimpinan Lembaga-lembaga Tinggi Negara.
Yang terhormat Bapak/Ibu Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Panglima TNI,Kapolri. Mantan Menristek, Ketua KEN, Ketua KIN.
Yang terhormat para duta besar dan wakil negara-negara sahabat.
Yang saya hormati para kepala daerah: Gubernur, Bupati dan Walikota, atau yang mewakili
Yang saya hormati para Pimpinan LPNK, para Rektor Perguruan Tinggi, wakil dari organisasi internasional
Yang saya hormati Pimpinan KADIN, badan usaha, organisasi profesi
Yang saya hormati para pejabat sipil dan militer, tokoh agama dan tokoh masyarakat
Yang saya banggakan saudara-saudara cendekiawan, para inovator, akademisi, peneliti, perekayasa wirausaha, wartawan, dan mahasiswa yang menjadi tumpuan harapan masa depan bangsa
Hadirin yang berbahagia

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua
Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa, yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya kepada kita semua, sehingga hari ini kita bisa hadir pada acara Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-16 tahun 2011.

Peringatan Hakteknas ke-16, mengambil tema “Inovasi untuk Kesejahteraan Rakyat”. Tema ini dipilih dengan harapan, agar hasil-hasil litbang Iptek dapat terus dikembangkan, diadopsi dan dimanfaatkan, menjadi sebuah produk inovatif, berdampak sosial dan ekonomi yang luas, guna membangun kemandirian, meningkatnya produktivitas dan daya saing, untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Ini merupakan misi besar bersama bagi para stake-holder atau insan Iptek nasional.

Bapak Presiden yang saya hormati dan hadirin sekalian,
Kesadaran tentang pentingnya peran teknologi dalam memicu dan memacu pertumbuhan ekonomi telah semakin dipahami secara global. Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025 juga telah menetapkan pengembangan SDM dan iptek sebagai salah satu dari tiga strategi utama.

Teknologi dan ekonomi tak lagi dapat dipisahkan. Pembangunan teknologi dan ekonomi harus bersifat mutualistik. Dari perspektif ekonomi, telah lama dikenal pembangunan ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge-based economy). Demikian pula dari perpektif teknologi telah lama didorong untuk mewujudkan Sistem Inovasi Nasional (SINas), yang bermakna bahwa pembangunan teknologi perlu diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Fokus kebijakan Pembangunan IPTEK diarahkan untuk penguatan sistem inovasi nasional (SINas) dalam rangka meningkatkan kontribusi IPTEK terhadap pembangunan nasional. SINas ini akan: (1) menciptakan ruang yang berfungsi sebagai “panggung inovasi”, agar terjadi interaksi dan kolaborasi yang baik antar aktor-aktor inovasi nasional dalam suasana yang kondusif; (2) mempercepat koordinasi dan intermediasi antara penyedia dan pengguna teknologi, (3) mendorong pemanfaatan hasil litbang guna menyelesaikan permasalahan pembangunan, meningkatkan daya saing, memberikan layanan kepada masyarakat serta mencapai kemandirian bangsa.

Bapak Presiden yang saya hormati dan hadirin sekalian,
Pemilihan PUSPIPTEK Serpong sebagai lokasi Peringatan Hakteknas tahun ini mengandung arti yang penting dalam upaya membangun Model SINas. PUSPIPTEK mempunyai potensi dan merupakan aset yang sangat besar yang perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu Kementerian Ristek telah mencanangkan upaya revitalisasi PUSPIPTEK menjadi Sience Techno Park.

Selain itu Kementerian Ristek juga terus mendorong upaya membangun pusat-pusat inovasi di daerah melalui program pengembangan sistem inovasi daerah (SIDA) untuk menciptakan ruang bagi para pengembang teknologi di daerah dan pelaku usaha agar bisa berkolaborasi dengan baik untuk mengembangkan produk-produk unggulan daerah yang berbasis teknologi. Kami meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi nasional ke depan akan lebih banyak tertumpu pada sumber-sumber pertumbuhan baru di daerah.

Bapak Presiden yang saya hormati dan hadirin sekalian,
Peringatan Hakteknas ini bisa dijadikan momentum untuk membangun semangat kebersamaan dan unjuk kesiapan untuk penguatan kemampuan SDM dan Iptek nasional

Pagi ini telah dibuka ‘Ritech Expo 2011’ yang memamerkan berbagai produk teknologi yang dihasilkan oleh lembaga riset pemerintah, lembaga riset swasta, perguruan tinggi, dan badan litbang kementerian. Pameran ini diharapkan menjadi ajang interaksi antara pengembang teknologi dengan calon pengguna potensialnya, selain sebagai wahana edukasi publik.

Upaya untuk memfasilitasi komunikasi dan interaksi antara pengembang dan pengguna teknologi juga dilaksanakan dengan menyediakan forum seminar dan talk show, yang menempatkan aktor pengembang dan pengguna teknologi dalam satu forum.

Bapak Presiden yang saya hormati dan hadirin sekalian
Formalisasi dari wujud keinginan para aktor inovasi untuk mengintensifkan kolaborasi difasilitasi melalui penandatanganan MoU dari berbagai Kementerian dan Lembaga, Perguruan Tinggi, Pemda dan Dunia Usaha, yang telah dilaksanakan pagi tadi, termasuk dengan KISTEP Korea dan GRIPS Jepang.

Sebagai tindak lanjut dari semangat kebersamaan ini, akan dilaksanakan Rakornas Ristek yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk merumuskan agenda nasional berkaitan dengan peningkatan kemampuan SDM dan Iptek untuk mendukung MP3EI.

Pada Peringatan Hakteknas ke-16 kali ini juga dilaksanakan kegiatan ‘Open Lab’, yakni membuka kesempatan bagi pihak industri dan pengguna teknologi potensial lainnya untuk melihat fasilitas riset di berbagai pusat penelitian di kawasan Puspiptek.

Bapak Presiden yang saya hormati dan hadirin sekalian,
Pada puncak acara Peringatan Hakteknas ke-16 hari ini diberikan “Anugerah Iptek” kepada Daerah, Tokoh Iptek, peneliti/perekayasa, dan masyarakat yang menjadi panutan dalam litbangrap Iptek sebagai tanda penghargaan kami kepada mereka yang telah mendedikasikan hidupnya dan memberikan kontribusi yang terbaik terhadap pembangunan Iptek nasional.
Penerima Anugerah IPTEK 2011:

Pemerintah Kabupaten/Kota
1. Kota Megelang
2. Kabupaten Sumenep
3. Kabupaten Sleman

Kreativitas Inovasi Masyarakat
4. H. Burlian Topo
5. I Gusti Nyoman Buleleng

Pranata Litbang
6. Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPSK)
7. Balitbang Provinsi Sumatera Selatan
8. PT. Semen Gresik Tbk.

Duta Iptek
9. DR. Nurul Taufik Rahman, Ph.D. M.Eng
10. DR. Eng. Ferry Iskandar
11. DR.Dyah Iswantini Pradono, M.Agr.

Bapak Presiden yang saya hormati dan hadirin sekalian,
Mengakhiri laporan ini maka izinkan kami menyampaikan terima kasih yang tulus kepada panitia dan seluruh pihak yang telah berkontribusi nyata terhadap keberhasilan penyelenggaraan Peringatan Hakteknas ke 16 ini, dan secara khusus kami menyampaikan rasa terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak Presiden RI, DR H. Susilo Bambang Yudhoyono, dan Ibu Negara Hj. Any Bambang Yudhoyono, yang telah berkenan hadir di sini, serta kami menyampaikan permohonan ma’af atas segala keterbatasan yang ada. Selanjutnya kami mohon kepada Bapak untuk dapat memberikan arahan pada kami berkaitan dengan pembangunan Iptek nasional demi peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Demikian Laporan kami, Wabillahi Taufik Wal Hidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Jakarta, 10 Agustus 2011
Menteri Negara Riset dan Teknologi,
Suharna Surapranata

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar