Senin, 13 April 2009

Teknologi Bantalan Karet Tahan Gempa oleh: Cahaya Prabowo

Penggunaaan Bantalan karet alam untuk melindungi bangunan terhadap gempa bumi, yang dikenal sebagi base isolation tampaknya akan semakin luas dan berkembang dimasa mendatang. Indonesia sebagai salah satu negara yang rawan gempa diperlu teknologi pembuatan bantalan tahan gempa.

Balai Penelitian Teknologi karet Bogor sebagai Balai Penelitian mempunyai teknologi pembuatan bantalan tahan gempa yang digunakan untuk rumah tinggal maupun maupun gedung bertingkat. Bantalan yang digunakan untuk melindungi gempa bumi dibuat dari kombinasi lempengan karet alam dan lempeng baja. Bantalan tersebut dipasang disetiap kolom yaitu diantara pondasi dan bangunan. Karet alam berfungsi untuk mengurangi getaran akibat gempa bumi sedangkan lempeng baja digunakan untuk menambah kekakuan bantalan karet sehingga penurunan bangunan saat bertumpu diatas bantalan karet tidak besar.

Prinsip Kerja

Pengaruh gempa bumi yang sangat merusak struktur bangunan adalah komponen getaran karet horizontal. Getaran tersebut dapat menimbulkan gaya reaksi yang besar, bahkan pada puncak bangunan dapat berlipat hingga mendekati dua kalinya. Oleh sebab itu apabila gaya yang sampai pada bangunan tersebut lebih besar dari kekuatan struktur maka bangunan tersebut akan rusak. Gaya reaksi yang sampai bangunan dapat dikurangi melalui penggunaan bantalan karet tahan gempa. Pada dasarnya cara perlindungan bangunan oleh bantalan karet tahan gempa dicapai melalui pengurangan getaran gempa bumi kearah horizontal dan memungkinkan bangunan untuk begerak bebas saat berlangusung gempa bumi tanpa tertahan oleh pondasi. Bantalan karet alam tersebut dapat mengurangi daya reaksi hingga 70%, karena secara alami karet alam memiliki sifat fleksibilitas dan menyerap energi .

Hasil Uji sifat fisik dari Bantalan Karet Tahan Gempa BPTK Bogor

Properties

Karet Bantalan


a

b

Hardness, Shore A

63

66

Tensile strenght, kg/cm2

242

262

Modulus 100%, kg/cm2

32

36

Modulus 300%, kg/cm2

132

129

Elongation at Break, %

500

510

Tear strenght, kN/m

71.8

Compression set 25%, at 70 ° C, 22 hrs, %

20.81

Ozone resistance 25 pphm, 20% strain, at 40 ° C,


72 hrs

No Cracks

Keterangan :
a = Uji Langsung
b = Uji setelah pengusangan pada 70 ° C, 168 jam

Bangunan tanpa bantalan karet

Bangunan dengan bantalan karet

Uji tekan geser

Uji tekan vertical

Bangunan Tahan Gempa Belantai 4

Posisi Bantalan Karet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar