Minggu, 16 Mei 2010

Nuklir Indonesia

Disusun Ulang Oleh:

Arip Nurahman

Pendidikan Fisika, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia

&

Follower Open Course Ware at MIT-Harvard University, Cambridge. USA.


Pemerintah Optimistis PLTN Beroperasi 2016


A nuclear reactor is a device to initiate and control a sustained nuclear chain reaction. Most commonly they are used for generating electricity and for the propulsion of ships. Usually heat from nuclear fission is passed to a working fluid (water or gas), which runs throughturbines that power either ship's propellers or generators. Some produce isotopes for medical and industrial use, and some are run only for research.

How it works

Meski rencana pembangunannya ditentang sejumlah pihak, pemerintah optimistis Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) pertama di Indonesia dengan kapasitas 1.000 Megawatt (MW) dapat beroperasi 2016. Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro kepada wartawan usai rapat kerja RUU Ketenagalistrikan dengan Komisi VII DPR, di Jakarta, Jumat, mengatakan, masih cukup waktu melaksanakan pembangunan PLTN tersebut.

''PLTN ditargetkan beroperasi 2016. Kalau pembangunannya membutuhkan waktu selama lima tahun, sehingga harus dimulai 2010. Kalau tendernya dimulai 2008, maka saya pikir masih ada cukup waktu,'' katanya.

Saat ini, menurut Purnomo, pelaksanaan tender PLTN masih menunggu Peraturan Presiden (Perpres) yang kini tengah disusun. Ia melanjutkan, dalam Perpres tersebut akan ditetapkan instansi mana yang bertanggung jawab membangun PLTN, apakah Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Bapeten (Badan Pengawas Tenaga Atom Nasional), atau Departemen ESDM.

Purnomo mengatakan, dalam proyek PLTN tersebut harus ada partisipasi pemerintah. ''Di manapun di dunia yang namanya PLTN ada partisipasi dari pemerintah,'' katanya.

Purnomo juga mengatakan, kejadian gempa di Jepang yang mengakibatkan ditutupnya PLTN di negara itu tidak akan mempengaruhi pembangunan PLTN yang direncanakan di Semenanjung Muria, Jepara, Jateng. ''Kejadian di Jepang itu bukan karena PLTN, tapi karena ada gempa,'' katanya.

Purnomo mengatakan, berdasarkan pantauan Batan dan Bapeten yang mengggunakan seismograf selama bertahun-tahun, wilayah Muria dinyatakan aman. ''Tentu kita tidak tahu yang akan datang. Karenanya, juga tidak tertutup kemungkinan, tempatnya bergeser,'' ujarnya.

Reaktor nuklir di PLTN Kashiwazaki yang terletak 260 km barat laut Tokyo, Jepang, awal pekan ini, dilaporkan bocor setelah gempa berkekuatan 6,8 Skala Richter di bagian tengah Jepang.

Reaktor di PLTN itu otomatis berhenti beroperasi dan ditutup untuk waktu yang belum ditentukan.

Pemerintah Indonesia sebenarnya sudah merencanakan pembangunan PLTN sejak 2000, namun keputusannya baru ditetapkan 2005. PLTN unit satu 1.000 MW direncanakan beroperasi 2016, unit dua 1.000 MW pada 2017, unit tiga 1.000 MW pada 2023 dan unit empat 1.000 MW pada 2024.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar